OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 08 Februari 2019

Pintar Mengepek Barang Agar Tidak Membayar Bagasi Pesawat


 Pintar Mengepek Barang Agar Tidak Membayar Bagasi Pesawat



10Berita, Mulai 8 Januari 2019, Lion Air dan Wings Air resmi menghapus fasilitas bagasi gratis. Penumpang hanya boleh membawa barang maksimal seberat 7 kilogram ke dalam kabin pesawat, selebihnya akan dikenakan tarif tambahan. Tips untuk menghemat beban barang bawaan tentunya diperlukan jika Anda tidak ingin merogoh uang lagi untuk biaya ekstra.
Sebelum aturan itu dihapuskan, Lion Air memberikan fasilitas bagasi gratis untuk barang dengan berat hingga 20 kilogram, sementara Wings Air hingga 10 kilogram. Kini, penumpang hanya diperkenankan membawa barang dengan dimensi maksimum 40x30x20 cm dan satu barang pribadi seperti tas laptop, tas jinjing, atau semacamnya.
Jika ingin memperoleh ruang bagasi yang lebih besar, calon penumpang dapat membeli voucher bagasi tambahan, atau menghitung kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku saat itu. Sebenarnya, aturan bagasi berbayar seperti ini sudah diberlakukan oleh berbagai maskapai penerbangan di seluruh dunia.
Berikut adalah kiat mengepak barang bawaan Anda agar tidak perlu membeli bagasi tambahan:

Pilih Bahan Pakaian Sebisa mungkin pilihlah bahan pakaian yang ringan dan tidak memakan banyak tempat ketika dipak. Hindari membawa pakaian atau celana dengan bahan jeans terlalu banyak. Jika Anda bepergian ke destinasi yang sejuk, dapat diakali dengan membawa satu buah pakaian hangat berkualitas baik sisanya pakaian berbahan tipis.
Pakai Pakaian yang Berat Pakailah bahan pakaian yang berat seperti jeans, sepatu boots, dan jaket Anda ketika menumpang pesawat. Taruh pakaian bahan ringan di tas jinjing Anda.
Pilih Warna Pakaian Padu padan warna pakaian dapat mengurangi bobot tas Anda. Rencanakan padu padan sebelum mengepak tas. Jika bingung cara padu padan pakaian, bermainlah dengan warna aman seperti monokrom atau warna bumi.
Bawa Detergen Bubuk Sachet Jika bepergian dalam waktu lama, pertimbangkan mencuci pakaian sendiri. Jika punya dana lebih, bisa menggunakan jasa binatu yang dihitung per kilogram.
Bawa Kosmetik dan Perlengkapan Mandi Ukuran Kecil Banyak dijual untuk ukuran sampel atau ukuran khusus travelling. Sangat membantu dan dapat diisi ulang khusus ukuran traveling.
Gulung Pakaian Menggulung pakaian dengan benar dapat menghemat kapasitas tas jinjing. Di Youtube banyak panduan untuk menggulung pakaian khusus traveling.
Dua Sepatu Paling Banyak Bobot sepasang sepatu 0,6 kilogram. Pakailah sepatu yang paling berat lantas packing sepatu ringan atau sandal jepit berbahan ringan.
Pakai Plastik Kompresi Plastik kompresi dapat digunakan berkali kali. Berguna untuk mengempeskan udara sehingga pakaian jadi lebih tipis dan mudah dipak. Investasi yang baik jika Anda sering bepergian.
Noted: Hindari membawa gadget terlalu banyak. Tinggalkan peralatan yang tidak terlalu dibutuhkan. Untuk meringkasnya, sebisa mungkin masukkan semua hal yang Anda perlukan ke dalam smartphone utama, semisal musik, film, e-book, dan file-file lainnya, tidak perlu membawa gadget terpisah.
Sumber : UC News