Sandiaga ditemani Ketua Umum Partai Aceh, Muzakir Manaf saat menikmati kopi di Kedai CikGu, Aceh Besar. Foto: Tim Media Prabowo-Sandi
10Berita  - Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno melanjutkan safari politik ke Aceh pada Sabtu (2/2). Sebelum melanjutkan perjalanan menuju Lhokseumawe untuk bertemu pemuka masyarakat dan berdialog dengan kaum milenials, ia mampir ke kedai kopi Cik Gu di Saree Kabupaten Aceh Besar.
Sandi langsung memesan kopi sanger (kopi susu) dan kopi saring, serta memakan nasi gurih yang dibungkus daun pisang dengan berbagai menu pilihan, ikan, daging, udang dan telur.
Sandiaga Uno di kedai kopi CikGu, Saree, Kabupaten Aceh Besar. Foto: Tim Media Prabowo-Sandi
Warung CikGu ini berada di pegunungan Seulawah. Udara masih terasa segar dan dingin, dengan pemandangan lembah hijau berbukit.
“Pemandangannya asik. Sambil makan nasi gurih lauk ikan dan menyeruput kopi sanger dan kopi hitam saring, sungguh nikmat buat istirahat sejenak, lempangkan badan. Kalau ke Aceh menuju Lhokseumawe, harus mampir ke warung CikGu ini,” promo Sandi yang ditemani Ketua Umum Partai Aceh, Muzakir Manaf atau yang biasa disapa Mualem.
Sandi berkomitmen untuk menggerakkan ekonomi masyarakat melalui pengusaha kecil dan menengah. Kuliner adalah industri kreatif yang harus didukung penuh. Ini jugalah yang membuatnya selalu menyempatkan diri mampir ke warung makan yang dikelola UMKM.
“CikGu ini membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya. Dia memperkerjakan lebih dari 12 orang. Kuliner tidak hanya tempat makan. Di situ ada rasa, gaya sekaligus melestarikan kekayaan citra rasa makanan setempat,” terang Sandi.
Sandiaga Uno. Foto: @sandiuno
Menurut Sandi, rasa kopi sanger Aceh, tidak kalah dengan capucino, malah samger lebih pas dengan lidah Indonesia. “Sanger ini harus dipatenkan, menjadi salah satu kekayaan racikan kopi aceh. Karena rasanya istimewa,” ucap Sandi.
Para pembeli termasuk sang pemilik kedai CikGu, tidak percaya Sandi ada di warung itu. Ajakan swafoto membuat Sandi berkali-kali menghentikan suapan untuk melayani ajakan foto yang tidak habis-habisnya. Termasuk CikGu yang berfoto bersama seluruh karyawannya. (Pon)
Sumber : MerahPutih.com