OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 12 Februari 2019

Tidak Disangka di Google Trend Justru Prabowo Lebih Unggul Dibanding Jokowi

Tidak Disangka di Google Trend Justru Prabowo Lebih Unggul Dibanding Jokowi


10Berita, Pilpres 2019 tinggal sebentar lagi. Ada hasil mengejutkan dari beberapa lembaga survey. Elektabilitas Prabowo Subianto perlahan tapi pasti merangkak naik sementara Jokowi stagnan dan cenderung menurun.

Bahkan di era digital saat ini popularitas pun bisa diukur secara cepat. Data google trend sebagai contoh, ternyata lagi-lagi popularitas Prabowo melebihi Jokowi. Apakah data di dunia maya ini merupakan gambaran sesungguhnya di dunia nyata?


Dilansir Kitakini.news – Data google trend satu minggu terakhir menunjukkan popularitas pencarian pasangan Prabowo-Sandi Uno lebih unggul dari pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Data ini diambil pada hari Jumat (8/2/2019) Pukul 15.49 WIB untuk periode 7 hari terakhir, mulai tanggal 1 Januari 2019 pukul 15.49 WIB hingga tanggal 8 Februari 2019 Pukul 15.49 WIB.

Berdasarkan pantauan Kitakini News, dari 34 wilayah di Indonesia, popularitas pencarian untuk pasangan Prabowo Sandi memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,79%. Sedangkan pasangan Jokowi Amin hanya mendapatkan nilai rata-rata sebesar 21,21%. Tingkat popularitas kedua pasangan diukur dengan menggunakan istilah pencarian “Prabowo sandi” dan “Jokowi amin”.

Berdasarkan data google trend yang berhasil diunduh tim Kitakini News, berikut perbandingan tingkat popularitas pencarian untuk istilah penelusuran Prabowo sandi dan Jokowi amin di 34 wilayah Indonesia. Dari penelusuran tersebut, popularitas Prabowo-Sandi Uno tetap lebih tinggi.

Melesatnya popularis Praboeo Subianto tentu ditentukan banyak hal. Walaupun Prabowo bisa dibilang minim dari pemberitaan media nasional namun ternyata media sosial malah bisa mendominasi.

Bukan hal mustahil pada April 2019 nanti suara Prabowo memang akan lebih unggul dari petahana Joko Widodo.

Sumber: Kitakini.news dan detik.com