OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 26 Mei 2019

8 Penemuan Teknologi Hasil Mencuri Ide Orang Lain, Facebook Termasuk?

8 Penemuan Teknologi Hasil Mencuri Ide Orang Lain, Facebook Termasuk?

10Berita, Penemuan teknologi merupakan suatu hal yang membanggakan sekaligus menakjubkan, mengingat penemuan yang satu ini erat kaitannya dengan nasib dunia di masa depan.
Jika dihitung, sampai detik ini sudah ada banyak sekali teknologi-teknologi canggihyang berhasil ditemukan dan mengubah hidup manusia hingga jadi seperti sekarang ini.
Tapi, bagaimana jadinya jika penemuan teknologi yang kita kenal selama ini ternyata merupakan hasil mencuri ide orang lain? Wah, parah banget tuh, geng.
Nah, di artikel ini Jaka akan bahas penemuan teknologi terkenal yang ternyata hasil mencuri ide orang lain.

Penemuan Teknologi Hasil Mencuri Ide Orang Lain

Nggak banyak yang tahu kalau ternyata banyak penemuan teknologi nggak benar-benar ditemukan oleh sang penemunya lho, geng.
Parahnya, penemuan teknologi tersebut bahkan hasil mencuri ide orang lain. Kalau kamu nggak percaya, nih Jaka kasih penjelasannya berikut ini.

1. Mesin Jahit

Mesin jahit merupakan salah satu penemuan teknologi yang sangat berguna dan berpengaruh pada kehidupan manusia hingga saat ini.
Saat ini mesin jahit hadir dengan berbagai merek yang berbeda-beda, tapi jika kamu berpikir penemuan ini ditemukan oleh Isaac Singer lewat perusahaan mesin jahit terkenalnya Singer Corporation jawabannya salah, geng.
Banyak orang mengira kalau Singer Corporation merupakan penemu dari mesin jahit karena memang perusahaan ini sangat kuat di industri manufaktur.
Padahal, menurut Cambridge History, perusahaan Singer Corporation bukanlah penemu asli dari teknologi ini lho.
Singer Corporation mencuri ide dari seorang perempuan bernama Elias Howe yang akhirnya menuntut hak royalti kepada perusahaan Singer Corporation .

2. Teleskop

Galileo sering disebutkan sebagai seorang penemu teknologi teleskop. Namun, kenyataannya seorang pria bernama Hans Lippershay lah yang menjadi penemu dari teknologi ini, geng.
Pria berkewarganegaraan Belanda tersebut berhasil menciptakan sebuah perangkat pembesar berbahan kaca.
Rupanya, ide mengenai teleskop ini didengar oleh Galileo dan ia memutuskan untuk membuat ciptaannya sendiri. Galileo juga bahkan memberikan perbaikan di proses pembuatannya.
Selain itu, Galileo juga menjadi orang pertama yang menggunakan optik sebagai instrumen ilmiah.
Hal ini lah yang akhirnya membuat Galileo dikreditkan sebagai penemu teleskop, geng.

3. Telepon

Sebelum smartphone hadir dalam berbagai bentuk dan spesifikasi yang canggih seperti sekarang, zaman dulu kita menggunakan telepon sebagai alat komunikasi.
Selama ini kita diajarkan bahwa satu-satunya penemu perangkat yang dapat mentransferkan suara dari suatu tempat ke tempat lainnya adalah Alexander Graham Bell.
Tapi, kenyatannya hal ini nggak sesimpel itu, lho. Ada nama lain di balik sejarah ditemukannya teknologi telepon yang saat ini bisa kamu nikmati, geng.
Hal ini bermula pada akhir tahun 1800-an di mana terjadi persaingan ketat antara Bell dan seorang pria bernama Elisha Gray.
Keduanya bersaing untuk menjadi orang pertama yang berhasil menemukan teknologi telepon.
Kemudian, pada 14 Februari 1876 keduanya mengajukan paten mereka atas teknologi rancangannya tersebut.
Namun, rupanya Bell menyuap kantor paten untuk mencari tahu konsep telepon yang digagas oleh Gray.
Akhirnya pada tanggal 10 Maret, Bell berhasil menciptakan telepon pertama di dunia.

4. Laser

Ide pembuatan laser pertama kali digagas oleh seseorang bernama Gordon Gould.
Meskipun sudah berhasil menciptakan penemuan teknologi yang penting, Gould tidak langsung mengajukan paten karena merasa penemuan teknologinya itu masih harus disempurnakan.
Kondisi ini kemudian dijadikan peluang bagi kedua koleganya untuk mencuri ide dan mematenkannya dua tahun kemudian yaitu pada tahun 1959.
Akhirnya, setelah selama tiga tahun bertarung di pengadilan, Gould bisa secara sah untuk menyebutkan namanya atas pertarungan penemuan teknologi ini.
Selain itu Gould juga berhasil mengklaim beberpa juta dolar royalti.

Penemuan Teknologi Hasil Mencuri Ide Lainnya...

5. Radio

Kisah pencurian ide penemuan teknologi lain terjadi juga pada penemuan radio.
Pada dekade abad terakhir ke-19, seorang pria bernama Nikola Tesla mengklaim bahwa ia bisa menggunakan kumparan tesla bermuatan elektroniknya untuk mengirimkan pesan jarak jauh.
Kemudian, pada tahun 1900 Nikola berhasil menerima paten atas idenya tersebut.
Sayangnya, seorang penemu bernama Marconi mencoba menemukan sesuatu yang serupa dengan menggunakan paten milik Nikola.
Marconi akhirnya berhasil menciptakan sebuah radio sekaligus diberikan paten atas penemuannya tersebut.
Karena nggak punya uang yang cukup, Nikola akhirnya nggak menuntut Marconi atas pencurian idenya ini.
Walaupun begitu, akhirnya penemuan teknologi radio ini dikreditkan kepadanya setelah kematiannya pada tahun 1943.
Mengharukan banget, ya, cerita dari Nikola Tesla ini, geng.

6. Facebook

Siapa di antara kamu yang masih bermain Facebook, geng? Ternyata, platfrom media sosial ini juga punya sejarah mencuri ide orang lain lho.
Semua orang mengetahui bahwa penemu Facebook adalah seorang pria sukses bernama Mark Zuckerburg.
Zuckerburg pertama kali meluncurkan Facebook ke publik di usianya yang ke-19 tahun ketika masih menjadi mahasiswa tingkat dua di Universitas Harvard pada tahun 2004.
Namun, peluncuran Facebook tersebut diduga dilakukan Zuckerberg tanpa sepengatahuan dari ketiga teman sekelasnya yaitu CameronTyler Winklevoss, dan Divya Narenda yang juga ikut memikirkan idenya.
Akhirnya, pada tahun 2007 ketiga teman sekelasnya tersebut menerima pembayaran dari Facebook untuk meredakan ketegangan yang terjadi antara mereka dan Zuckerburg.

7. Lampu

Lampu menjadi salah satu penemuan teknologi terpenting yang pernah ada di dunia. Soalnya seperti yang kamu bisa rasakan hari ini, lampu sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan manusia, geng.
Di balik manfaatnya yang sangat membantu manusia, rupanya ada fakta menarik dari penemuan lampu, lho.
Seperti yang pernah kamu pelajari bahwa penemu lampu adalah Thomas Edison. Meskipun begitu, sebenarnya Thomas nggak benar-benar menjadi penemu teknologi yang satu ini lho, geng.
Penemu lampu yang sebenarnya adalah bernama Heinrich Goebel. Namun, pada tahun 1854 entah kenapa Goebel berniat untuk menjual penemuan luar biasanya itu ke Thomas.
Karena saat itu Thomas nggak melihat manfaat dari penemuan teknologi tersebut akhirnya ia menolak untuk membelinya.
Namun, tidak lama setelah kematian Goebel, Thomas akhirnya membeli paten dari penemuan lampu lewat istri Goebel dan mengklaim sebagai penemunya.

8. Televisi

Jika saat sekolah dulu kamu diajarkan kalau TV pertama di dunia dibuat oleh seorang pria bernama Vladimir Zworykin untuk perusahaan elektronik RCA, ternyata hal itu kurang tepat, geng.
Kenyataannya, penemu asli TV adalah seorang pria bernama Philo Taylor Farnsworth. Farnsworth pertama kali menemukan TV pada tahun 1927 di usianya yang ke-27 tahun.
Kekeliruan ini bermula ketika tiga tahun setelah Farnsworth berhasil menemukan teknologi ini, Zworykin mengunjungi laboratorium miliknya yang berujung pada pencurian ide.
Setelah bertahun-tahun kasus ini diurus oleh pengadilan, akhirnya perusahaan RCA kalah banding dan Farnsworth berhak menerima hak royalti atas penemuannya tersebut.

Akhir Kata

Itu lah tadi beberapa penemuan teknologi terkenal yang ternyata hasil mencuri ide milik orang lain.
Sumber: UCNEWS