OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 27 Juni 2019

3 Jenis Hakim Menurut Rasulullah Saw

3 Jenis Hakim Menurut Rasulullah Saw


10Berita, HAKIM merupakan salah satu profesi yang memegang peranan penting dalam sebuah pemerintahan. Sebab, perannya yang terkait erat dengan keadilan. 
Soal keadilan ini tentunya bukan soal perkara di dunia saja, tapi juga akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Oleh karena itu menjadi hakim tidak lah mudah.

Terkait profesi hakim, Rasulullah saw. di menjelaskan dalam hadis. Ada tiga jenis hakim.
عَنِ ابنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: القُضَاةُ ثَلاَثَةٌ: قَاضٍ فِى الْجَنَّةِ وَقَاضِيَانِ فِى النَّارِ قَاضٍ عَرَفَ الْحَقَّ فَقَضَى بِهِ فَهُوَ فِى الْجَنَّةِ وَقَاضٍ عَرَفَ الحَقَّ فَحَكَمَ بِخِلاَفِهِ فَهُوَ فِى النَّارِ وَقَاضٍ قَضَى عَلَى جَهْلٍ فَهُوَ فِى النَّارِ. (رواه أبو داود)
“Dari Ibnu Buraidah dari bapaknya dari Nabi saw., beliau bersabda, “Hakim ada tiga macam. Satu di surga dan dua di neraka. Hakim yang mengetahui kebenaran dan menetapkan hukum berdasarkan kebenaran itu maka ia masuk surga, hakim yang mengetahui kebanaran dan menetapkan hukum bertentangan dengan kebenaran ia masuk neraka, dan hakim yang menetapkan hukum dengan kebodohannya ia masuk neraka.” (H.R. Abu Dawud)
Berdasarkan hadis tersebut, Nabi saw. telah menunjukkan umatnya bahwa satu-satunya hakim yang selamat dari panasnya api neraka kelak adalah hakim yang mengetahui kebenaran dan mengamalkannya. Berarti hakim tersebut memutuskan perkara sesuai dengan kebenaran yang ia ketahui, tidak berbohong, dan tidak asal-asalan dalam memutuskan perkara.

Sedangkan hakim yang mengetahui kebenaran, namun ia tidak mengamalkannya, ia tidak memutuskan perkara atas dasar kebenaran itu, serta hakim yang memutuskan perkara atas ketidaktahuannya atau kebodohannya maka mereka akan masuk neraka.
Jadi walaupun perkara yang diputusnya benar, namun jika hakim tersebut  memutuskan perkara atas dasar kebodohannya (asal-asalan saja), hal itu juga bisa menjerumuskannya ke neraka. []
SUMBER: BINCANG SYARIAH