10Berita, 20 Mei 2002, Timor Leste lepas dari pangkuan Ibu Pertiwi. Dengan kata lain, sudah 17 tahun Timor Leste merdeka dari Indonesia.
Timor Leste mengadopsi dolar Amerika sebagai mata uang resminya. Hal ini yang menyebabkan daya beli masyarakat merosot, pada awal merdeka, seperti yang dilansir di moneysmart.id (08/06/19).
Lantas, bagaimana biaya hidup di sana setelah 17 tahun merdeka? Apakah lebih murah dari Indonesia, atau sebaliknya?
1. Harga beras
liputanjatim.com
Harga beras di Timor Leste mencapai 1,58 USD atau Rp 22 ribu per kilogram. Hal ini berbeda dengan harga beras di Indonesia yang hanya Rp 8-11 ribu.
Di samping itu, harga telur ayam di sana mencapai 2,5 USD atau Rp 35 ribu. Sedangkan harga daging ayam 5,50 USD atau Rp 77 ribu.
2. Harga pakaian
tribunnews.com
Harga pakaian di Timor Leste juga lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Misalnya, celana jeans Levis, di sana dihargai 43 USD atau Rp 611 ribu. Sedangkan di negara kita hanya Rp 464 ribu.
3. Harga makan
tribunnews.com
Rasanya sulit mendapatkan makanan murah di Timor Leste. Di sana, rumah makan kelas bawah rata-rata menjual makanannya 3 USD atau Rp 42 ribu per porsi.
Uang sebanyak itu bisa dapat 3-4 porsi di Indonesia. Mengingat di sini, rumah makan kelas bawah rata-rata mematok harga Rp 10-12 ribu per porsi.
4. Harga sewa apartemen
moneysmart.id
Harga sewa apartemen di Timor Leste juga sangat mahal dan berbeda jauh dengan di Indonesia. Di jantung kota, harga sewa mencapai 766 USD atau Rp 10 juta per bulan. Sedangkan di Indonesia rata-rata dihargai Rp 3 juta per bulan.
Menariknya, apartemen di pinggiran kota di Timor Leste justru lebih mahal dibandingkan yang ada di jantung kota. Harga per bulannya mencapai 791 USD atau 11 juta.
Itulah perbandingan biaya hidup di Timor Leste dan Indonesia, seperti yang dilansir di moneysmart.id (08/06/19). Mahal bukan main ya di sana.
Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.
Sumber: