Erlesen Tower adalah bagian dari pengembangan proyek mega superblok senilai US$ 1 miliar milik B.J Habibi. PT PPI lebih dikenal dengan sebutan Pollux Habibie Internasional.
Mega superblok Meisterstadt ini merupakan proyek multifungsi seluas 9 Hektar. Di sana akan berdiri 11 gedung pencakar langit termasuk 8 tower apartemen dengan 6.500 unit, 1 hotel, 1 rumah sakit internasional, pusat perbelanjaan dan satu tower perkantoran yang rencananya 100 lantai. Ini menjadi proyek terbesar yang pernah dikerjakan di Batam.
Mantan Presiden RI ke-3, BJ Habibie mengatakan, pengembangan megablok Meinstertadt di Batam akan melanjutkan pengembangan fase kedua sebagai tujuan investasi dan wisata bertaraf Internasional.
"Kita harus terus berinovasi, membangun dan maju. Saya sangat senang menjadi bagian dari proyek miliyaran Dolar ini. Karena Meisterstadt adalah wujud nyata dari hasil pencapaian Batam ketika kita memiliki keberanian dan visi untuk berpikir besar," katanya kepada Gatra.com, usai peresmian pembangunan Habibie Tower, Selasa (30/4) di VIP Bandara Hang Nadim Batam.
Sama seperti jembatan Barelang yang kini menjadi ikon Kota Batam, maka Meisterstadt nanti akan mengambarkan Batam di masa depan.
Menurut Habibie, Batam akan terus menunjukan kesungguhan dalam pembangunan seiring dengan perubahan Batam yang selama ini dikenal sebagai kawasan industri berat menjadi pusat penyedia jasa dan wisata. Dampak ekonomi yang akan disumbangkan pun musti sampai ke masyarakat bawah.
"Nanti 4 buah tower akan dilengkapi dengan 385 unit hunian yang terdiri dari 3 kamar tidur, koleksi penthous yang mewah ini akan meningkatkan reputasi Batam sebagai destinasi investasi dan wisata yang sedang bertubuh. Erlesen Tower akan menandingi Marina Bay Sands Singapura yang miliki pemandangan pulau-pulau sekitar," ujarnya.
Reporter: Romus Panca
Editor: Abdul Aziz

Sumber: GATRAnews