Referensi pihak ketiga
10Berita,Bagi  generasi milenial nama Joseph Broz Tito mungkin kurang dikenal. Namun bagi yang besar di jaman Orde Lama dan Orde Baru, tentunya pernah mendengar nama tokoh dari Yugoslavia yang sekarang sudah bubar.
Tito merupakan seorang komunis sekaligus diktator yang memerintah dengan tangan besi negeri Yoguslavia dari 1943 hingga 1980.
Pada saat Perang Dunia ke II,Tito memimpin gerakan partisan yang akhirnya menghasilkan Federasi Yugoslavia yang terdiri dari Serbia, Kroasia, Bosnia, Macedonia, Kosovo, dan Montenegro.
Referensi pihak ketiga
Pada saat pemerintahannya Yugoslavia berhasil menjadi negara yang relatif aman damai dan makmur.
Selain itu, Tito juga sangat dikenal di dunia internasional sebagai salah satu penvetus Gerakan Non Blok bersama Nehru, Nasser, dan juga Sukarno. Beliau adalah sahabat dekat Sukarno.
Kini, hampir 40 tahun sejak kepergiannya, beliau masih sangat dicintai rakyat. Fotonya masih dipajang di rumah-rumah di negara-eks Yogoslavia.
Dan sayangnya sepeninggal beliau, Yugoslavia pun jatuh ke dalam perang saudara di Balkan yang mengakibatkan derita berkepanjangan, perpecahan etnis dan bahkan agama. Hasilnya Yugoslavia pun terpecah-pecah hingga saat ini.
Referensi pihak ketiga
Karena sangat dicintai rakyat Tito semat diangkat sebagai presiden seumur hidup pada 1974.
Kini, yang dapat kita lihat dari Tito adalah patung dan makam nya yang ada di Museum Jugoslavia di pinggiran kota Beograd.
Tito memang menjadi legenda. Beliau juga meninggalkan warisan berupa sebuah faham sosialis dan komunis yang sekaligus non blok dan memainkan banyak fungsi yang berbeda.
Diktator, tapi baik hati,. Apa mungkin?

Sumber: www.history.com