OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 11 Juli 2019

Mulai Ke Makkah, Ini Tips yang Mesti Dilakukan Calhaj

Mulai Ke Makkah, Ini Tips yang Mesti Dilakukan Calhaj

10Berita – Jemaah haji Indonesia gelombang pertama akan mulai bergerak secara bertahap dari Madinah ke Mekah mulai 15 Juli 2019. Jemaah kloter pertama yang sudah menyelesaikan Arbain, langsung didorong menuju Mekah untuk persiapan puncak haji.
Setibanya di Mekah nanti, ada yang perlu diperhatikan para calon jemaah haji sebelum melaksanakan umrah wajib. Sebaiknya, jemaah lebih dulu memperhatikan dan mengingat di mana tempat tinggalnya dan kondisi sekitar hotel tempatnya menginap.
“Perlu penyesuaian. Sebaiknya pas tiba perhatikan di mana kamarnya? Lantai berapa? Sekitar gedung ada apa saja?” kata Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid, di Kantor Dakeh, 10 Juli 2019.

Letak di mana jemaah tinggal, nama dan nomor kamar, penting diketahui jemaah haji sebelum ibadah di Masjidil Haram agar tidak kesasar. “Sering kali antarjemaah kesasar itu lupa nama hotelnya. Baru ketemu temannya baru ingat ‘oh benar ini hotelnya’,” ujar Subhan.
Ketua regu dan ketua rombongan juga diminta mengingatkan para jemaahnya agar setiap kali meninggalkan hotel ke Masjidil Haram perhatikan nama gedung hotelnya, letak dan nomor kamarnya.
“Kasih tanda seperti apa supaya dia (jemaah) kembali ada yang diingat (ketika pulang ke hotel) agar tidak tersasar,” terang Subhan. (vv)


Sumber: Ersmuslim