OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 12 Desember 2019

Hasil Survei Sebut Mendagri Yang Paling Tidak Dipercaya Publik,Tito Karnavian Jawab Begini

Hasil Survei Sebut Mendagri Yang Paling Tidak Dipercaya Publik,Tito Karnavian Jawab Begini



Referensi pihak ketiga

10Berita,Lembaga  survei merupakan sebuah lembaga yang menjembatani kepentingan rakyat dengan penentu kebijakan dalam hal ini pemerintah dan atau partai politik.

Fungsi survei seperti jajak pendapat, polling, semuanya itu adalah memantau opini publik, mengintip persepsi, harapan dan evaluasi publik terhadap sebuah kebijakan politik, juga mengukur apa yang dipikirkan masyarakat.

Hasil survei merupakan sebagai barometer aspirasi masyarakat yang menjadi acuan dalam pembuatan keputusan terhadap objek atau masalah yang disurvei.

Hasil survei sering menjadi acuan bagi partai politik untuk menentukan calon bupati, wali kota, atau gubernur dalam Pilkada. Parpol akan memiliki nama terpopuler hasil survei dan juga pejabat publik.

Nah,seperti baru-baru ini lembaga survei Indonesia Politic Opinion (IPO) merilis hasil survei mengejutkan terhadap Susunan Kabinet Indonesia maju, Sabtu (23/11/2019. survei itu menggunakan metode purposive sampling dengan margin error 4,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen mengumumkan tingkat kepercayaan terhadap Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian hanya 1,0 persen tingkat keraguan publik sebesar 14,7 persen disusul dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yakni sebesar 15,2 persen. Diketahui survei tersebut digelar pada Oktober-November 2019.

Dalam survei yang menanyakan tingkat popularitas, kepercayaan, dan keraguan publik terhadap pejabat menteri Kabinet Indonesia Maju, IPO mencatat 64 persen optimistis terhadap susunan kabinet. Sementara 23 persen menyatakan tidak optimistis, 9 persen mengatakan ragu, sedangkan 4 persen sisanya tak memberi jawaban.


Tito Karnavian Menjawab

Sebagaimana CNNIndonesia.com memberitakan, pada, Minggu (24/11/2019). menanggapi hasil survei IPO, Mendagri Tito angkat suara melalui Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar mengatakan hasil survei masih sangat dangkal dan tidak mewakili seluruh masyarakat Indonesia.

"Jadi survei sangat dangkal, responden belum tentu representasi dari masyarakat Indonesia secara keseluruhan," kata ata Bahtiar seperti dikutip CNNIndonesia.com, Minggu (24/11/2019).

Menurut Bahtiar penunjukan Tito sebagai Mendagri merupakan proses yang panjang, artinya Jokowi memiliki penilaian khusus terhadap kemampuan Mantan Kapolri itu yang memiliki segudang pengalaman dan wawasan yang luas serta kemampuannya mengkoordinasi pemerintahan di Daerah.

Sumber: