OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 25 Juni 2020

Memaksa Angin Masuk ke Rumah

Memaksa Angin Masuk ke Rumah


10Berita –Untuk memasukkan angin ke dalam rumah, Anda tidak cuma perlumembuat jendelaberukuran lebar. Adatrik-trik khusus yang jugaperlu diperhatikan.

Saya pernah duduk di dalamruang keluarga yang cukup modern. Sebuah sofa minimalis berlapis suedediletakkan berseberangan denganjendela yang lumayan lebar. Wah, bakaladem, nih, duduk membaca di sana, pikir saya.

Memaksa angin masuk ke rumah dengan bukaan yang benar(Dok. Tab RUMAH)

Tapi, kok, setelah setengahjam membaca novel The Chronicle ofNarnia di sofa yang empuk itu, takada semilir angin yang berhembusdi dalam ruangan. Padahal, ukuranjendelanya sudah mencukupi syaratyang ditentukan.

Usut punya usut, ternyata jendelanya tidak searah dengan datangnya angin. Anginnya bergerakdari barat ke timur, namun jendelanyahanya ada di sisi utara.


Akibatnya, anginacuma melewati jendela, enggan mampirke dalam rumah.

Searah Datangnya Angin

Memang, cara paling gampanguntuk membuat angin mengalir kedalam rumah adalah dengan membukadiri ke arah datangnya angin.

Artinyakalau angin datang dari barat ke timur, maka bukaan di sebelah barat lah yangpaling tepat. Bukaan di sisi lain tidakbisa memasukkan angin ke dalam rumah.

Angin tak dapat masuk jika bukaan tidak searah dengan datangnya angin.(Dok .Tab RUMAH)

Masalahnya, seringkali bukaan takbisa dibuat di tempat yang seharusnya, karena berbagai alasan.

Contohnyapada rumah tadi. Jika jendela dibuat dibarat, saat sore tiba ruangan akan terasapanas.

Salah satu cara yang bisa dilakukanadalah membuat penghalang-penghalangdi sekitar rumah. Penghalang ini akan membelokkanangin supaya akhirnya si angin masukke dalam rumah.

Tanaman adalahpenghalang yang paling pas, karenaselain bisa menjadi pembelok, daundaunnyajuga bisa mengurangi suhupanas yang dibawa angin.

Adanya pohon bisa membelokkan arah angin.(Dok. Tab RUMAH)

Sumber: IDEAonline