OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 05 Februari 2023

Keuntungan dan Keunggulan Anies Baswedan di Mata Masyarakat Jawa Timur

Keuntungan dan Keunggulan Anies Baswedan di Mata Masyarakat Jawa Timur



 

10Berita - Nama keluarga besar Baswedan, bukan lah sosok yang asing di Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya. Abdurrahman Baswedan atau A.R Baswedan adalah Pahlawan Nasional asli kelahiran Ampel, Kota Surabaya.

Sejak ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi pada tahun 2018, nama A.R Baswedan kembali muncul di permukaan publik.
 
A.R Baswedan sendiri adalah kakek dari Anies Baswedan. Bapak dari orang tua Anies, Rasyid Baswedan.

Peneliti Lembaga Survey, Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam, S.Sos M.Si menilai belum banyak yang tahu perihal sosok A.R Baswedan yang merupakan kakek dari Anies Baswedan. “Maka ini harus dikapitalisasi,” ujarnya kepada KBA News di Surabaya, Sabtu (4/2).

Menurut dia dengan kapitalisasi tersebut nantinya bisa jadi keuntungan tersendiri bagi Anies Baswedan. Karena Anies saat ini merupakan sosok calon presiden yang sudah memenuhi syarat Presidential Threshold dengan adanya dukungan dari NasDem, Demokrat dan PKS.

“Maka ini harus disampaikan ke masyarakat. Ini bisa jadi keuntungan tersendiri,” lanjut dia.

Dia menegaskan semua nama calon Presiden yang mulai bermunculan saat ini memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Namun, kata dia yang harus dibangun mulai saat ini adalah tentang narasi positif. Dan jika Anies merupakan keturunan dari Pahlawan Nasional, A.R Baswedan maka ini bisa juga disampaikan ke publik.

“Plus itu lah yang harus dikabarkan ke publik sebanyak-banyaknya. Agar bisa pengaruhi opini dan persepsi publik. Karena elektabilitas ini sangat berpengaruh dari persepsi publik,” beber akademisi dari Kampus Negeri, Universitas Trunojoyo Madura ini.

Dia menambahkan publik butuh asupan informasi untuk tahu keunggulan atau plus calon itu tadi. “Silahkan kuasai ruang publik supaya keunggulan calon tadi diketahui publik,” pungkasnya.

A.R Baswedan sendiri adalah salah satu sosok yang memilih terjun ke dunia perjuangan dan aktivitas sosial semasa hidupnya. Sementara saudara lainnya banyak yang lebih memilih dunia perniagaan atau perdagangan.

Sumber: kbanews