OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 05 Agustus 2017

Yuk Intip Fasilitas Bus Jamaah Haji Indonesia

Yuk Intip Fasilitas Bus Jamaah Haji Indonesia

10Berita, MADINAH -- Sore ini, Sabtu (5/8), pukul 17.00 waktu Arab Saudi, jamaah haji Indonesia akan diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah. Jamaah akan mengambil miqat di Bir Ali yang berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Madinah.

Hari ini hanya satu kloter yang diberangkatkan, yakni kloter pertama Embarkasi Medan (MES 01). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyediakan bus bagi jamaah.

Fasilitas transportasi antarkota ini diberikan agar jamaah merasa nyaman. Kepala Bidang Transportasi Daker Madinah, Subhan Cholid mengatakan, bus yang disiapkan adalah keluaran 2013-2017. Lantas, apa sajakah fasilitas yang ditawarkan bus ini?

Bus ini memiliki kapasitas 49 kursi. Di tiap kursi memiliki soket USB. Jamaah yang kehabisan daya baterai ponsel bisa mengisi ulang ponselnya. Letaknya ada di depan bawah kursi penumpang.

Lampu baca juga ada di bagian atas kursi penumpang. Di bagian kabin untuk menyimpan tas tentengan, juga terdapat soket listrik.

Bus dilengkapi dengan AC, bagasi bawah, toilet, kulkas dan air minum, pengeras suara, alat pemadam kebakaran, kotak P3K dan pemecah kaca. Toilet terdapat di bagian tengah bus. Letaknya di bawah. Jamaah yang mau ke toilet harus menuruni anak tangga dulu. Letaknya ada di sebelah kiri.

Selain itu, sopir bus juga berasal dari Indonesia sehingga diharapkan tidak ada kendala komunikasi.

Sumber: Ihram