OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 04 Februari 2018

Sulitnya Israel Temukan Terowongan Pejuang Gaza

Sulitnya Israel Temukan Terowongan Pejuang Gaza


Terowongan pejuang gaza

10Berita, PALESTINA—Militer Israel dilaporkan telah menemukan dan menguasai sebuah terowongan bawah tanah di perbatasan di sebelah timur Jalur Gaza, media Israel melaporkan pada Kamis malam (1/2/2018).

Menurut laporan Mfzak Life, terowongan tersebut dituding sebagai milik Brigade Qassam, sayap militer Hamas. Tentara Israel mengklaim telah menemukan terowongan tersebut selama beberapa bulan terakhir dengan menggunakan teknologi terbaru.

Namun The Gaza Post melaporkan bahwa juru bicara tentara pendudukan Israel tidak mengonfirmasi berita yang dilaporkan situs Mfzak Israel.

Terowongan di Gaza, semula menjadi imajinasi para pejabat Israel sejak tahun 2006, ketika militan Hamas menculik seorang tentara Israel. Tapi, kini terowongan itu bukan lagi imajinasi, tapi menjadi ancaman yang menakutkan bagi para pejabat Israel.

Banyak ahli di Israel semula meragukan perjuangan para militan di Gaza dengan mengandalkan terowongan. Tapi, mereka kini mulai pikir-pikir untuk meremehkan militan Gaza melalui terowongan itu.

Melalui salah satu terowongan itulah, banyak militan Gaza menyusup ke Israel dan berhasil melumpuhkan sejumlah tentara Israel. Sejumlah terowongan itu pula yang membuat warga dan pejabat Israel ketakutan, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Dalam sebuah perang darat, seorang perwira militer Israel, Letnan Kolonel Oshik Azulai, kaget sekaligus takut. Dia melihat terowongan gelap gulita di perbatasan Jalur Gaza Palestina. Dalamnya, sekitar 46 meter. []

SUMBER: PIC