OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 28 April 2018

Probowo Bakal Jadi Lawan Menakutkan Jika Ambil Cawapres Dari Partai Ini

Probowo Bakal Jadi Lawan Menakutkan Jika Ambil Cawapres Dari Partai Ini

Sumber Gambar : https://statik.tempo.co

10Berita, Peta politik Pilpres 2019 menghadirkan dua nama kuat yaitu Jokowi dan Prabowo. Meski dianggap pertarungan klasik, namun politik selalu susah ditebak. Sesi rematch keduanya layak untuk dinanti.

Banyak kalangan menganggap bahwa tingginya elektabilitas dan popularitas Jokowi membuat Pilpres 2019 bakal membosankan jika lawannya adalah Prabowo. Namun, tidak bisa dipungkiri realitas politik yang ada saat ini menunjukkan bahwa hanya Prabowo lawan yang paling siap untuk menantang Jokowi.

Tidak ada yang mustahil dalam politik, Pilkada Jakarta menjadi bukti nyata bahwa elektabilitas dan popularitas yang tinggi bukan jaminan untuk menang. Meski elektabilitas Prabowo masih dibawah Jokowi, bukan hal mustahil Jokowi bisa kalah.

Sumber Gambar : http://static.republika.co.id

Pengamat Politik Universitas Paramadina Toto Sugiarto, seperti dilansir republika.co.id (27/04/18) menyatakan bahwa kubu Jokowi patut waspada jika Gerindra berhasil membangun koalisi dengan PKS. Pasalnya PKS memiliki mesin partai yang bekerja sangat efektif.

Menurut Toto, seperti dilansir republika.co.id (27/04/18) sebagai partai kader PKS memiliki simpatisan yang loyal, instruksi dari atas akan ditaati sampai ke akar rumput. Jika Prabowo mengambil kader PKS sebagai Cawapres, maka Prabowo akan menjadi lawan yang menakutkan.

Sumber Gambar : http://static.republika.co.id

Kekuatan Prabowo selain terletak di elektabilitas dan popularitas, juga fanatisme para pendukung Prabowo. Jika ditambah dengan mesin partai yang bekerja efektif dan dukungan kader yang solid, maka Prabowo jelas akan merepotkan lawan.

Sumber Gambar : https://statik.tempo.co

Kubu Jokowi harus waspada dengan kemampuan dan soliditas kader PKS. Untuk itu sebaiknya kubu Jokowi mengadakan pendekatan kepada PKS. Jika PKS dapat ditarik ke kubu Jokowi maka peluang Gerindra adalah berkoalisi dengan PAN.

PAN berbeda dengan PKS, kader PAN tidak seloyal dan semilitan PKS. Jika Prabowo mengambil Zulkifli Hasan sebagai Cawapres, maka Prabowo akan dapat dikalahkan dengan muda. Namun, Jika mengambil Cawapres dari PKS Prabowo bakal jadi lawan menakutkan bagi Jokowi.

Bagaimana menurut para Sahabat UCers? Silahkan tulis pendapat kalian di kolom komentar dibawah ini.

Sumber :

Http: //nasional.republika.co.id/berita/nasional/politik/18/04/27/p7uiuk330-pengamat-soliditas-pks-menakutkan