OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 21 Juli 2018

Sindiran Buat Indonesia! Inilah 10 Misteri Dibalik Animasi Adit & Sopo Jarwo, Gak Nyangka

Sindiran Buat Indonesia! Inilah 10 Misteri Dibalik Animasi Adit & Sopo Jarwo, Gak Nyangka

pulsk.com

10Berita, Kalian pasti tahu kan dengan animasi karya anak bangsa berjudul Adit & Sopo Jarwo ini. Animasi satu ini cukup populer dikalangan anak-anak pecinta animasi. Ceritanya menarik, menyentuh hati, dan pasti ada bang haji yang selalu memberikan wejangan disetiap permasalahan. Tentunya animasi seperti ini patut untuk ditonton.

Tapi apakah anda tahu bahwa, dibalik film animasi Adit & Sopo Jarwo ini memiliki misteri yang jarang sekali orang tahu. Penasaran? Yuk simak, 10 misteri film animasi Adit & Sopo Jarwo yang sudah kami rangkum dari www.pulsk.com (9/7/2018), Ternyata ada sindiran buat bangsa Indonesia lho.

Nama Adit

pulsk.com

Ternyata Nama Adit dibuat bukan tanpa alasan. Dari sekian banyak nama khas Indonesia, Nama adit ini dipilih karena agar mudah diingat. Hal ini akan membuat animasi Adit & Sopo Jarwo ini melekat dihati masyarakat Indonesia.

2. Tokoh Sopo Jarwo adalah Bentuk Kritikan Terhadap Indonesia

pulsk.com

Sopo Jarwo adalah nama yang diambil dari Bahasa Jawa yang artinya "Siapa sih Jarwo?". Sopo Jarwo yang terkenal tokoh serba bisa dalam melakukan pekerjaan seperti, mencuci, memasak, bahkan membetulkan genteng pun bisa. Tapi walau begitu hidupnya monoton tidak ada kemajuan. Inilah yang menjadi analogi kondisi bangsa Indonesia saat ini. Kita mampu melakukan hal apapun. Tapi terkadang kita malas dan tidak mau bekerja keras. Sehingga kita menjadi bangsa yang lemah dan tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain.

3. Pembuatan Animasi

pulsk.com

Tahukah kalian jika para animator Adit & Sopo Jarwo ini untuk membuat satu episode dengan durasi 7 menit ini membutuhkan animator sebanyak 186 orang. Sudah tahu kan begitu sulitnya, makannya kita harus mengapresiasi kepada para animator negeri ini.

4. Sebulan Diputar Sebanyak 60 Kali

pulsk.com

Ternyata dalam satu bulan, MD Animation hanya mampu membuat 1-2 episode saja. Dan kita tahu bahwa 1 episode durasinya kurang lebih hanya 7 menit saja. Permintaan pasar yang begitu tinggi, akhirnya MD Animation mengakali dengan cara menayangkan ulang sebanyak 30-60 kali dalam sebulan.

5. Ada Tokoh yang Tidak Diketahui Namanya

pulsk.com

Pasrinya kalian sering sekali melihat pria tambun ini. Siapa sih sosok karakter diatas? Memang ia dikenal tokoh yang bernama Sopo. Tapi MD Animation secara resmi belum dapat menjelaskan siapa sosok tokoh karakter animasi ini. Tapi ia sudah terlanjur dikenal dengan nama Bang Sopo.

6. Waktu Pengerjaan Yang begitu Lama

pulsk.com

Walaupun Animasi Adit & Sopo Jarwo ini memiliki tim animator sebanyak 186 orang, tapi untuk pengerjaan animasi dengan durasi 7 menit saja membutuhkan waktu pengerjaan selama 90 jam. Hal ini dikarenakan dikerjakan secara manual. Pengerjaan efek 3D dilakukan dengan teliti, hal inilah membutuhkan ketekunan super tinggi.

7. Ada Sekolah Animasinya

pulsk.com

MD Animation ternyata membuka sekolah training animasi bagi siswa siswi yang berminat menjadi animator. Tapi untuk menjadi peserta ingin mengikuti training ada syaratnya nih. Yakni mereka harus menguasai software bernama Blender, serta memiliki karya dalam bentuk animasi. Jika lolos mereka akan ditraining selama 3 bulan. Setelah itulah mereka siap untuk bekerja di MD Animatoin. Tentunya dengan dibukanya training animasi ini untuk menambah sumber daya manusia yang ahli.

8. Menggunakan Software Gratis

pulsk.com

Siapa sangka, untuk membuat animasi Adit & Sopo Jarwo ini, para animator ternyata menggunakan software gratis yang bernama Blender, 100% tanpa lisensi sedikitpun. Hal inilah membuat biaya produksi menjadi lebih murah.

9. Motor Jarwo Tidak Pernah Isi Bensin

pulsk.com

Mungkin ini salah satu hal konyol, tapi ini memang benar adanya. Selama penayangan animasi ini, Motor Jarwo tidak pernah terlihat diisi bensin. Sepertinya motornya ini tidak habis-habis bensinnya walau dibawa wara-wiri keliling kampung.

10. Bang Haji Penanda Ending

pulsk.com

Kalian jika sering nonton animasi ini pasti tidak asing dong dengan tokoh yang biasa dipanggil bang haji ini. Biasanya karakter ini muncul untuk menasehati Jarwo. Tapi uniknya, bang haji ini seolah tahu setiap permasalahan sebelum dijelaskan Jarwo. Jika Bang Haji mulai muncul, pasti itu tandanya filmnya mau selesai.

Sumber :

Www.pulsk.com/639942/