OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 29 September 2018

KIK Khawatir Jokowi Terjungkal. Hasil Survei ini Bisa Jadi Bukti Loh!

KIK Khawatir Jokowi Terjungkal. Hasil Survei ini Bisa Jadi Bukti Loh!
 

Ma'ruf Amin - Sandiaga Uno (Foto: pojoksatu.id)

10Berita, Pihak Koalisi Indonesia Kerja (KIK) sangat khawatir calon presiden dan calon wakil presidennya, Jokowi – Ma’ruf Amin bisa terjungkal pada Pilpres 2019 nanti. Kekhawatiran itu terjadi, karena tingkat keterkenalan Ma’ruf Amin berada di bawahkandidat Wakil Presiden, Sandiaga Salahuddin Uno. Khususnya di kalangan milenial.

Dilansir dari republika.co.id (27/09/2018) Erick dipilih menahkodai tim kampanye Jokowi-Ma’ruf untuk bisa menarik dukungan generasi milenial. Jumlah yang dibidik sebanyak 50 juta orang. Namun ternyata, Sandiaga masih lebih unggul.

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukan tingkat keterkenalan Sandiaga di mata publik mencapai 73 persen, sedangkan Ma'ruf hanya dikenal publik sekitar 70 persen.

Sandiaga unggul dibandingkan Ma’ruf di kalangan pemilih milenial, lantaran kemunculan Ma’ruf Amin yang terlambat. Sandiaga telah dikenal di politik nasional sejak menjadi wakil gubernur DKI Jakarta.

Kehadiran Sandiaga Uno mendampingi Prabowo, memang meningkatkan elektabilitas pasangan calon itu. Sandiaga cukup memberikan dampak secara elektoral yang luar biasa. Sandiaga telah berhasil mengangkat suara Prabowo dari segmen milenial. Segmen tersebut secara keseluruhan memiliki porsi suara sebanyak 40 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Tidak hanya lebih dikenal oleh publik, Sandiaga juga menggungguli Ma’ruf untuk urusan citra personal cawapres. Citra personal ini terkait perhatian pada rakyat, tegas dan berwibawa, mampu mengatasi permasalahan bangsa, mampu memimpin bangsa, jujur, tegas, dan bersih dari korupsi, serta religius. 

Sandiaga unggul dalam beberapa aspek, di antaranya perhatian pada rakyat 66 persen, tegas dan berwibawa 65 persen, mampu mengatasi permasalahan bangsa 56 persen, serta mampu memimpin bangsa 57 persen. Sandiaga hanya kalah di aspek jujur, tegas, dan bersih dari korupsi di angka 57 persen, serta religius sebesar 63 persen.

Sementara itu, Ma'ruf mendapatkan kepercayaan publik di aspek aspek jujur, tegas, dan bersih sebesar 64 persen, juga religius 82 persen. Di aspek perhatian pada rakyat 54 persen, tegas dan berwibawa 51 persen, mampu mengatasi permasalahan bangsa 45 persen, serta mampu memimpin bangsa 48 persen(Ngofa Daga)

Sumber : UC News