10Berita, Kapal Riset (KR) Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menerjunkan alat canggih ROV Rabu (31/10) siang untuk mencari keberadaan badan pesawat dan juga black box Lion Air JT 610 yang jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat. ROV diturunkan karena sinyal-sinyal black box telah ditemukan.
www.detik.com
"Ditemukan indikasi sinyal black box berdasarkan ping locator," kata Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan M Ilyas di atas KR Baruna Jaya, Rabu (31/10/2018).
ROV atau Remote Operated Vehicle adalah alat canggih berupa kendaraan bawah laut yang dikendalikan dari jarak jauh, untuk menampilkan gambar video secara langsung dari dasar laut. Dengan alat ini, pencarian sebuah objek di dasar laut akan lebih cepat dilakukan.
www.detik.com
"Black box hampir temukan, tapi benar bahwa ada indikasi adanya black box di sekitar kapal, indikasi ya," ujar M Ilyas.
Namun seperti dilansir dari detik.com (31/10/18), foto serpihan tersebut terlihat dilihat di layar di atas KR Baruna Jaya, Rabu (31/10/2018) sore.
Tampak di layar sebuah objek berwarna oranye. Benda tersebut sempat diduga black box Lion Air, namun belum bisa dipastikan. Panglima TNI dan Kabasarnas memantau layar tersebut secara langsung.
www.detik.com
Saat ini tim penyelam masih berada di bawah laut untuk mengkonfirmasi sinyal black box yang sempat ditangkap alat ROV.
Sumber :