Jokowi-Ma'ruf | Referensi pihak ketiga
10Berita - Masalah iklan videotron yang memperlihatkan paslon Jokowi-Ma'ruf serta logo paslon tersebut di akhir iklan 'Sukseskan Asian Games' kini berbuntut panjang. Pihak pelapor dalam hal ini, Syahroni, tetap bersikeras agar pasangan calon Jokowi-Ma'ruf sebagai terlapor untuk hadir di persidangan untuk dimintai pertanggungjawabannya.
Memang sidang sempat ditunda beberapa kali sejak pihak terlapor, dalam hal ini, Jokowi-Ma'ruf atau pihak perwakilan yang dikuasakan, gagal memenuhi panggilan yang telah ditetapkan, seperti dilansir dari news.detik.com (18/10/2018).
Vieotron 'bermasalah' yang dianggap kampanyekan paslon nomor urut 01 di wilayah terlarang oleh KPU | Referensi pihak ketiga
Tim TKD dan TKN Jokowi-Ma'ruf memang telah mengirimkan dua perwakilannya, Gelora Tarigan dan Nelson Simanjuntak untuk hadir sebagai perwakilan, namun menurut peraturan pemanggilan dari Bawaslu, keduanya gagal menunjukkan surat kuasa sebagaimana disyaratkan dan hanya memberikan surat mandat.
Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf sendiri berdalih jika 'pemaksaan" pemanggilan kepada Jokowi-Ma'ruf sebagai terlapor sudah keterlaluan. Menurut mereka surat mandat sudah lebih dari cukup karena hal ini seharusnya hanya sampai ke tingkat tim sukses saja.
Namun Syahroni sebagai pelapor menilai bahwa objek pelaporan dirinya adalah Jokowi-Ma'ruf atau perwakilan dengan disertai surat kuasa jadi jika tidak memenuhi syarat tersebut dirinya tetap akan menuntut pertanggungjawaban paslon nomor urut 01 tersebut.
Pelapor, Syahroni | Referensi pihak ketiga
Bawaslu, dalam hal ini komisioner Bawaslu DKI, Puadi, turut membenarkan pernyataan Syahroni. Menurutnya surat kuasa harus diberikan oleh terlapor sendiri, sebagaimana syarat yang ditentukan.
"Sudah saya sampaikan, siapa pun perwakilannya yang datang harus bawa surat kuasa. Siapa yang menguasakan, ya karena objeknya paslon, maka dialah yang membuat surat yang memerintahkan," tuturnya.
Berbelitnya masalah ini sebenarnya datang dari keberatannya pihak Jokowi-Ma'ruf untuk memberikan surat kuasa. Mengapa begitu enggan untuk mengeluarkan sebuah surat kuasa jika memang tak bisa hadir secara langsung? 
Pemilik hak cipta: Viral Joker
Sumber : Viral Joker