OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 11 Desember 2018

Keok Lawan Dolar AS, Rupiah Kembali Tempati Posisi Juru Kunci

Keok Lawan Dolar AS, Rupiah Kembali Tempati Posisi Juru Kunci

10Berita, Jakarta –
Keperkasaan dolar Amerika Serikat (AS) hari ini memaksa rupiah menjadi juru kunci daftar perbandingan nilai kurs mata uang negara-negara utama di Asia. Rupiah hari ini tercatat sudah tertekan sebanyak 65 poin di hadapan dolar AS atau yang paling dalam dibanding negara lainnya.
Demikian dikutip dari data RTI, Senin (10/12/2018) jam 11.40 WIB. Rupiah tak melemah sendirian, melainkan bersama dengan sejumlah mata uang negara utama Asia lainnya.
Menempati posisi terbawah, rupiah disusul oleh korean won, indian rupee, philippine peso, dolar taiwan, chinese yuan, thailand baht hingga ringgit malaysia. Sementara mata uang yang berhasil menguat terhadap dolar AS adalah japanese yen, dolar hong kong, dolar new zealand, euro, swiss franc hingga dolar kanada dan british pound.
Rupiah sendiri hanya berhasil menguat tipis terhadap indian rupee. Sementara terhadap mata uang negara utama lainnya, rupiah harus menyerah, di mana euro berhasil menekuk rupiah paling dalam degan menguat 97 poin ke posisi Rp 16.615.
Dari data perdagangan Reuters, rupiah hingga siang ini bergerak dari level Rp 14.445 hingga Rp 14.530. Adapun posisi rupiah saat ini adalah Rp 14.524/US$.
Jika ditarik dalam lima hari terakhir, rupiah memang menunjukkan tren pelemahan. Terhadap rupiah, dolar AS secara perlahan bergerak menanjak dari level Rp 14.200-an menuju Rp 14.500-an.
(eds/dna)

Sumber : UC News