Referensi pihak ketiga
10Berita, Setelah kita membahas kebar kemarin mengenai beredar kabar Bank BRI yang diwajibkan ganti kartu untuk nasabah Simpedes, kali ini ada kabar lagi, bahwa semua kartu ATM pada tahun 2021 wajib diganti dengan menggunakan ATM yang memakai teknologi Chip.
ATM yang kini kita gunakan merupakan ATM yang berteknologi magnetic stripe, namun untuk 2021 mendatang, teknologi itu akan di ubah menjadi teknologi Chip, sehingga seluruh nasabah bank wajib mengganti kartu ATM/debit nya dengan kartu yang berteknologi baru.
Kenapa hal ini dilakukan? Ternyata ada alasan yang sangat bagus, dimana alasan yang mengahurskan nasabah mengganti ATM nya ke kartu yang berteknologi Chip yaitu demi keamanan nasabah.
Seperti yang dikutip dari laman tribunnews.com (36/10/2018) yang menyebutkan, menurut Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Hari Widodo, hal itu dilakuakn karena demi kemanan transaksi nasabah yang menggunakan Debit/ATM.
Peraturan ini diimplementasikan secara bertahan, seperti kemarin, bahwa nasabah BRI Simpedes wajib mengganti kartu Debit/ATM nya, namun pada 2021 mendatang, seluruh bank harus menggunakan Chip, yang artinya, nasabah yang masih menggunakan kartu lama harus diganti dengan kartu yang baru yang sudah memakai teknologi Chip.
"Pergantian kartu ATM dengan Chip dilakuakn bertahap hingga 2021, maksudnya supaya fitur pengamannya ditambah untuk lebih aman", Ungkap Hari.
Saat ini, sebagaian besar masyarakat yang memiliki debit masih menggunakan teknologi magnetic stripe, dengan begitu, bank harus menambah fitur keamanan agar lebih aman lagi dan sulit untuk di bobol, kita tahu kasus pembobolan ATM kerap terjadi.
"Jadi kalau ketentuan untuk pengaman ATM nanti semua pakai Chip", jelas Hari.
Selain bank BRI yang sudah berimigrasi dan menggunakan ATM berlogo GPN, bank mandiri juga sudah mulai menerapkan atau melakukan imigrasi kartu debit ke teknologi chip yang menggunakan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).
Jadi, kemarin jangan heran kalau kalian mendapat sms atau informasi dari pihak Bank BRI kemarin yang sempat viral banget di internet dan media sosial, itu memang bukan Hoaks, seperti saya sudah menjelaskan dalam artikel sebelumnya dan artikel ini, bahwa Bank Indonesia mewajibkan seluruh bank untuk menggunakan teknologi Chip berlogo GPN di kartu ATM/Debit nya.
Sumber/teribunnews.com