Referensi pihak ketiga
10Berita, Kamu mungkin salah satu orang yang punya hutang? Tetap tenanglah karena kamu tidak sendiri, ada banyak orang-orang di sekitarmu yang juga memiliki hutang, dan utang memang menjadi permasalahn tersendiri bagi setiap orang terlebih di zaman kredir seperti sekarang ini sehingga rasanya akan sangat sulit terhindar dari namanya utang.
Memang ada penyebab kenapa kemudian seseorang memiliki utang, mulai kurangnya memahami kemampuan diri, apakah nantinya mampu membayat utang hingga memang lalai membayar utang tepat waktu sehingga yang terjadi hutang akan semakin menggunung yang artinya itu hanya akan membuatmu semakin sulit untuk membayar utang.
Referensi pihak ketiga
Disinilah kamu harus berhati-hati karena utang bukan hanya menjadi urusan dunia namun juga akan menjadi masalah di akhirat kelak karena di akhirat kelak, kamu akan dimintai pertanggung jawaban atas utangmu.
Saat Ustadz Abdul Somad mengisi pengajian ada seorang jamaah yang bertanya tentang utang piutang yang selanjutnya Ustadz Abdul Somad mengatakan ada doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar terbebas dari utang.
Ustadz Abdul Somad kemudian menyampaikan doa seperti di bawah ini.
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ
”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia.”
Referensi pihak ketiga
Semoga kamu bisa sesegera mungkin terbebas dari utang, dan jika memang kamu ingin berutang alangkah baiknya kamu pikirkan matang-matang terlebih dahulu, jangan kemudian hanya tutup lobang gali lobang yang pada akhirnya hanya akan membuat hidupmu sengsara.
Sumber: kupang.tribunnews.com/2019/01/15/doa-agar-cepat-melunasi-utang-ustadz-abdul-somad-ungkap-yang-diajarkan-nabi-muhammad-saw?page=4