OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 24 Juni 2019

Umurnya Tinggal Setahun! Ini 5 Alasan Kenapa Windows 7 Dianggap Lebih Baik dari Windows 10

Umurnya Tinggal Setahun! Ini 5 Alasan Kenapa Windows 7 Dianggap Lebih Baik dari Windows 10


10Berita,Windows 7 menjadi salah satu sistem operasi yang paling banyak diminati meskipun sudah tergolong jadul.
Menurut NetMarketShare, jumlah pengguna Windows 7 lebih dari seperempat total pengguna sistem operasi desktop secara keseluruhan atau sebanyak 36.43 persenpada akhir April lalu.
Sayangnya menurut berita yang beredar, masa dukungan Windows 7 akan segera berakhir pada Januari 2020 mendatang.
Lalu, apa yang membuat Windows 7 masih banyak diminati meskipun sudah ada sistem operasi Windows 10 yang lebih baru? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

5 Alasan Windows 7 Lebih Baik dari Windows 10

Meskipun pihak Microsoft sudah mengingatkan para pengguna Windows 7 bahwa sistem operasinya tersebut tinggal berumur satu tahun lagi, tapi masih banyak pengguna yang enggan beralih ke Windows 10.
Lalu, apa yang membuat para pengguna Windows 7 ini nyaman dengan sistem operasi jadul itu? Berikut Jaka kasih 5 alasan kenapa Windows 7 dianggap lebih baik dari Windows 10.

1. Keamanan dan Privasi

Keamanan dan privasi merupakan salah satu alasan yang paling banyak dikeluhkan dan ditakutkan oleh pengguna Windows 7 jika mereka beralih ke Windows 10.
Windows 10 dianggap terlalu ingin tahu mengenai hal-hal yang bersifat pribadi dari para penggunanya itu lewat telemetri yang ditanamkan di dalam sistem operasinya.
Singkatnya, telemetri ini berfungsi untuk mengambil data berupa kebiasaaan apa saja yang dilakukan para penggunanya selama menggunkan sistem operasi ini. Kemudian, nantinya data ini akan dikirimkan ke Microsoft.
Meskipun hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat melakukan peningkatan pada produk Windows 10 itu sendiri, namun hal ini justru menjadi alasan utama kenapa para pengguna Windows 7 tidak ingin beralih.
Mereka beranggapan jika sistem operasi Windows 10 tidak lebih aman dari Windows 7.
Faktanya, menurut perusahaan keamanan Webroot, rata-rata komputer dengan sistem operasi Windows 10 memiliki file malwareyang lebih sedikit daripada Windows 7 di tahun 2017.
Jika Windows 10 memiliki 0.04 persen file malware, Windows 7 memiliki 0.08 persen.

2. Kompatibilitas Software

Alasan selanjutnya yang menjadi alasan kenapa Windows 7 dianggap lebih baik dari Windows 10 adalah masalah kompatibilitas software.
Windows 7 masih menawarkan kompatibilitas yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Windows 10.
Hal ini bisa kamu rasakan saat menginstal software-software lama di Windows 10 yang terkadang mengalami kendala dan bahkan tidak bisa melanjutkan proses instalasi.
Selain itu, alasan lain yang membuat para pengguna Windows 7 enggan beralih ke Windows 10 adalah karena mereka sangat bergantung pada software-software yang hanya tersedia di Windows 7 saja.
Ada beberapa software andalan Windows 7 yang sayangnya tidak hadir di Windows 10, salah satunya adalah Windows Media Center.
Tidak seperti software Windows Photo Vieweryang masih bisa kamu nikmati di Windows 10 meskipun harus menginstalnya terlebih dahulu, software windows media center benar-benar sudah dimusnahkan di sistem operasi ini.
Untuk orang-orang yang sudah sangat bergantung dengan software ini, tentunya sangat sulit untuk beralih ke Windows 10, ya, geng.

3. Mudah Digunakan

Siapa di antara kamu yang merasa kebingungan di awal-awal transisi penggunaan sistem operasi Windows 7 ke Windows 10?
Bukan cuma kamu saja kok, geng, soalnya hal ini juga yang menjadi alasan kenapa Windows 7 dianggap lebih baik dan banyak penggunanya yang nggak mau beralih ke Windows 10.
User Interface atau tampilan antarmuka dari Windows 7 dianggap lebih mudah untuk digunakan sehingga produktivitas mereka tetap lancar.
Banyak pengguna Windows 7 yang malas jika harus beradaptasi terlebih dahulu ketika mereka menggunakan Windows 10.

4. Lebih Ringan

Pada dasarnya, sistem operasi Windows 7 dan Windows 10 memiliki persyaratan perangkat keras yang sama.
Tapi, kenyataannya ketika kamu mencoba instal Windows 10 di komputer atau laptop yang spesifikasinya berada tepat di angka minimal persyaratan, maka akan mengalami lag.
Jaka pernah merasakannya dahulu, geng. Meskipun laptop yang Jaka gunakan sudah memenuhi persyaratan minimal perangkat keras yang dibutuhkan untuk menginstal Windows 10, tapi kenyatannya sistem operasi ini nggak berjalan lancar.
Hal ini terjadi karena Windows 10 memiliki banyak sekali fitur tambahan yang tidak terdapat di Windows 7, sehingga PC kita memakan RAM dan bandwith yang lebih banyak saat menjalankannya.
Seperti yang sudah Jaka tuliskan di poin 2, driver atau software yang tidak kompatibel dengan Windows 10 pun bisa menjadi penyebab lag.
Salah satu alasan ini akhirnya membuat para pengguna Windows 7 balik lagi ke sistem operasi kesayangannya itu.

5. Pembaruan

Sumber foto: makeuseof
Windows 10 memiliki fitur forced update yang mengharuskan penggunanya untuk melakukan pembaruan secara paksa.
Meskipun fitur ini bisa kamu nonaktifkan, tapi kabarnya pengguna tetap tidak mendapatkan kontrol 100 persen atas sistem operasi yang digunakannya.
Penjelasannya, karena Windows 10 tidak lepas dari serangan malware dan seri Windows terbaru ini memang sedang banyak dieksploitasi para hacker agar bisa disusupi virus dan file-file berbahaya lainnya.
Kalau pengguna Windows 10 bisa menghentikan update secara total, bisa jadi berbahaya karena PC kamu akan mudah disusupi malware, geng.
Sehingga tim Microsoft membuat agar mereka tetap bisa melakukan beberapa update penting demi keamanan PC atau laptopmu.
Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa Windows 7 dianggap lebih baik dari Windows 10, geng.

Akhir Kata

Itu dia beberapa alasan kenapa para pengguna Windows 7 menganggap sistem operasinya lebih baik daripada Windows 10, geng.
Karena alasan-alasan itu pula yang membuat pengguna Windows 7 enggan beralih ke sistem operasi Windows 10.
Sumber: UCnews