OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 11 Juli 2019

5 Universitas Swasta Pilihan Jika Tak Lulus SBMPTN 2019

5 Universitas Swasta Pilihan Jika Tak Lulus SBMPTN 2019

Banyak universitas swasta yang memiliki kualitas tak kalah baik dengan perguruan tinggi negeri.
Ilustrasi (Foto: robarmstrong2/Pixabay)
10Berita, Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah diumumkan. Pada pengumuman SMBPTN 2019, ada peserta yang dinyatakan lulus dan ada yang harus gagal.

Hanya sebanyak 148.066 peserta yang dinyatakan lulus dari 714.652 pendaftar di SBMPTN. Namun, jangan berkecil hati. Selain universitas negeri, terdapat pilihan berkuliah di universitas swasta. Negeri dan swasta hanya berbeda soal pengelolaan dan kepemilikan saja.

Ada banyak universitas swasta yang memiliki kualitas tak kalah baik dengan perguruan tinggi negeri. Berikut lima universitas swasta terbaik berdasarkan pemeringkatan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang dapat dipilih untuk melanjutkan perkuliahan jika nama tak muncul dalam daftar peserta lulus pengumuman SBMPTN 2019.

1. Universitas Islam Indonesia(UII)
UII merupakan perguruan tinggi swasta terbaik versi Kemenristekdikti pada 2018 atau peringkat ke-29 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Universitas yang terletak di Yogyakarta ini sudah berdiri sejak 1945.

UII memiliki program diploma (D3), sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), dan profesi. Tersedia ragam pilihan program studi dari ilmu sosial, ekonomi, hukum, agama, sains, dan teknik. UII membuka pendaftaran melalui penerimaan mahasiswa baru yang digelar pada 26 Juni-10 Juli 2019.

2. Universitas Atma Jaya
Menyusul UII, Universitas Atma Jaya Jakarta merupakan perguruan tinggi swasta terbaik kedua dan peringkat ke-30 di Indonesia.

Universitas Atma Jaya Jakarta menyediakan pendidikan program sarjana dengan program studi yang tersebar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Teknobiologi.

Universitas Atma Jaya Jakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru dari 24 Juni-12 Juli 2019.

Selain Universitas Atma Jaya Jakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga masuk dalam jajaran perguruan swasta terbaik di Indonesia. Universitas Atma Jaya Yogyakarta berada di peringkat keempat universitas swasta terbaik di Indonesia. Universitas ini membuka pendaftaran dari 2-19 Juli 2019.

3. Universitas Telkom
Universitas Telkom yang terletak di Bandung ini menempati peringkat tiga universitas swasta terbaik di Indonesia. Universitas Telkom menyediakan program studi yang terdapat di Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, dan Fakultas Ilmu Terapan.

Universitas Telkom sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Sebanyak 70 persen program studi juga sudah terakreditasi A.

4. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)
Unpar merupakan universitas swasta peringkat kelima terbaik di Indonesia dan perguruan tinggi berperingkat ke-35 di Indonesia. Unpar memiliki rentang program studi yang tersebar dari ilmu-ilmu ekonomi, sosial, hukum, hingga ilmu-ilmu teknik dengan mayoritas akreditasi A.

Unpar menerima mahasiswa baru melalui ujian saringan masuk dari 8 Mei hingga 10 Juli 2019.

5. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
UMM menempati posisi universitas swasta terbaik keenam dan perguruan tinggi urutan ke-35 di Indonesia. UMM menawarkan beragam program studi di Fakultas Agama Islam, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Psikologi, Pertanian-Peternakan, Teknik, Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan.

Mengekor Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berada di peringkat ketujuh perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.


Sumber: UCnews