10Berita, Siapa yang tidak mengenal Rasulullah SAW? Nabi terakhir yang menjadi penuntun bagi umat Islam. Nabi Muhammad SAW, ini sangat menyukai kebersihan. Menjaga kebersihan pun sudah menjadi hal yang sangat penting, agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.
Ada banyak cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita. Salah satuya dengan mengikuti tips sehat ala Rasulullah SAW. Ada apa saja tipsnya?

1. Makan tidak berlebihan

Rasulullah SAW menganjurkan untuk setiap umatNya tidak makan secara berlebihan. Makan makanan dengan porsi besar atau malah menghambur-hamburkan makanan. Rasulullah SAW selalu menyarankan untuk makanlah sebelum lapar dann berhenti sebelum kenyang.

2. Tidur lebih cepat dan bangun lebih awal

Rasulullah SAW juga menyarankan kepada umatNya untuk tidak begadang. Selalu tidur lebih awal, sebelum jam 10 malam. Kemudian, bangun di 1/3 malam, sekitar pukul 3 pagi untuk melaksanakan salat malam.

3. Rutin berolahraga

Rasulullah SAW juga sangat rajin berolahraga. Bahkan, beliau selalu mengajak istri dan anak-anaknya untuk berolahraga. Olahraga yang disunnahkan dalam Islam seperti, memanah, berkuda, dan berenang.

4. Rajin berpuasa

Puasa juga merupakan salah satu cara untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan, banyak dokter yang menyarankan setiap pasiennya untuk berpuasa melawan penyakitnya. Contoh puasa yang dapat dilakukan sehari-hari adalah puasa Senin-Kamis. Selain dapat sehatnya, tetapi dapat pula pahalanya.

5. Membersihkan gigi

Rasulullah SAW sangat memperhatikan kesehatan gigi. Beliau selalu membersihkan gigi menggunakan siwak (akar dari pohon Salvadora Persica) setelah makan. Waktu lainya yang disarankan adalah sebelum salat, sebelum tidur, dan ketika bangun tidur.

6. Mengonsumsi obat herbal

Selain menerapkan pola hidup sehat, Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan herbal, seperti habbatussauda (jintan hitam), kurma, dan madu. Jika badan terasa sakit, Rasulullah SAW menganjurkan untuk melakukan terapi bekam.

7. Tidak pemarah

Rasulullah SAW selalu memberikan nasihat untuk "jangan marah". Beliau bahkan sampai mengulanginya 3x. Kebiasaan marah ini dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti darah tinggi, gangguan percernaan, sakit kepala, sakit jantung, dan depresi.

8. Menjaga kebersihan

Rasulullah SAW selalu tampak bersih dan rapi. Beliau selalu menjaga kebersihan diri dan kerapiannya. Setiap hari Kamis dan Jumat, Beliau tidak lupa untuk mencukur rambut di pipi, bersiwak, memotong kuku dan memakai wangi-wangian.
Itulah delapan tips menjaga kesehatan ala Rasulullah SAW. Menjaga kesehatan tidak hanya menjadi kewajiban setiap manusia. Bahkan di zaman Rasulullah SAW pun, menjaga kesehatan merupakan hal yang penting.
Sumber: IDNtimes